Posted by : Ghosthands Sunday, June 2, 2013

PAE apa'an sih ? baru denger .("._.)

PAE adalah Physical Address Extension yaitu fitur yang mengizinkan komputer 32-bit dengan prosesor x86 untuk mengakses address space (termasuk random access memory / RAM dan perangkat lain yang digunakan untuk mapping memory) dengan kapasitas lebih dari 4 gigabyte. Singkatnya, implementasi PAE menjadikan komputer berbasis 32-bit dapat menggunakan perangkat memory atau RAM lebih dari 4 gigabyte (4 gb)

Kernel sendiri adalah perangkat lunak yang menjadi inti dari sebuah sistem operasi. Kernel berfungsi untuk melayani, menjalankan, dan memanajemen aplikasi dalam hal pengaksesan hardware secara aman dan terkendali. Jadi, kernel PAE adalah kernel yang didalamnya telah “ditanamkan” dan memiliki fitur yang mendukung PAE.untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya tentang kernel

Awalnya PAE dikembangkan dan di implementasikan pada prosesor berbasis Intel Pentium Pro ditahun 1995, kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh AMD. Secara resmi Intel mendukung teknologi kernel PAE sejak seri Pentium Pro keatas kecuali seri Pentium M 400 MHz. Sedangkan AMD mendukung kernel PAE dari generasi AMD Athlon. Agar kernel PAE dapat berjalan baik, motherboard yang digunakan juga harus mendukung fitur PAE.

Linux pada hampir seluruh distribusi yang tersedia memiliki build kernel yang mendukung fitur PAE, bahkan FreeBSD, OpenBSD, NetBSD dan lain-lainnya juga memiliki build kernel dengan fitur PAE.

Jadi PAE itu adalah fitur pada kernel untuk memaksimalkan penggunaan resource memory lebih dari  4GB

Awalnya bingung karena kompi saya memorinya gak nyampe 4GB, 1 GB aja gak ada hehe kompi tua

sumber

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. ini langsung aktif atau perlu diaktifkan dulu?

    lam kenal om

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar bebas asal sopan :D

Menu

Popular Posts

Copyright © Ghosthands -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan