Posted by : Ghosthands Saturday, June 1, 2013

Dari kemarin update offline mulu nih :D
Iya karena saya gak punya koneksi semenjak negara api menyerang semuanya berubah ("._.) *om om basi itu om* oh iya ya mari lanjut

Di suatu ketika linux lubuntu yang saya pakai adem ayem saja saya ngerasa bosan gak ada kerjaan jadi saya berharap ada masalah, maka iseng ku inul si lubuntu, eh ternyata harapan saya dikabulkan dapet masalah juga akhirnya :D paketan aplikasi, update dan upgrade yang dulu saya download pakai apt-id ternyata mengalami error banyak yang kurang dependencies nya, setelah coba saya install semua malah aplikasi yang sebelumnya berjalan normal jadi gak bisa jalan, puyeng dah mau ke warnet udah malam, tinggal tidur deh

Besoknya coba saya inul lagi tanpa menginstall update dan upgradenya ternyata cuma beberapa aplikasi saja yang error, lainnya lancar jadi saya menarik kesimpulan kalau aplikasi yang di download setelah melakukan update dan upgrade berbeda paketannya dengan aplikasi sebelum update dan upgrade walau aplikasinya sama. Untuk itu saya kasih tips sebaiknya semua aplikasi yang di download sebelum melakukan update dan upgrade di jadikan 1 folder dengan di kasih tanggal lalu bila mendownload aplikasi setelah update dan upgrade di letakkan di folder lain dengan diberi tanggal juga fungsinya biar kalau kita mau inul, install aplikasinya juga bisa berurutan gak error kayak saya :D

EITSS....... tunggu dulu jangan langsung senang karena setelah saya coba share dan bertanya ke forum ABL dan forum ubuntu indonesia ternyata ada hal yang tidak saya simak yaitu setiap paket paket APT yang terinstall di setiap komputer itu bersifat unik yaitu berbeda beda satu komputer dengan komputer  lain sehingga misalnya menginstal Terminator di komputer saya paketannya bisa berbeda dengan komputer kamu walau versi dan arsitekturnya sama, maka dibuatlah script alldeb 


Berikut cuplikan kriteria cara pakai alldeb yang saya ambil dari sini postingan langsung pembuatnya

#Syarat 1 : Profil APT

Satu hal yang perlu diperhatikan, susunan paket-paket APT yang terinstall di tiap komputer bersifat unique. Paket-paket yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi Gimp di komputer saya, sangat mungkin berbeda dengan paket-paket yang dibutuhkan untuk menginstall Gimp di komputer teman saya. Begitu pun di komputer lainnya.
Lalu, bagaimana agar alldeb_maker di komputer saya dapat membuat komposisi alldeb yang sesuai untuk menginstall aplikasi di komputer teman saya? Nah, yang saya butuhkan adalah profil APT komputer teman saya tersebut.
Apa yang saya sebut sebagai "profil APT" adalah file bernama 'status' yang berada di directory /var/lib/dpkg. File ini memuat daftar semua paket yang telah terinstall beserta statusnya. Dengan membaca salinan file /var/lib/dpkg/status milik komputer teman saya, barulah alldeb_maker di komputer saya akan dapat menyusun file alldeb dengan komposisi paket yang tepat.
Jadi, syarat pertama untuk menggunakan alldeb_maker adalah bahwa kita harus memiliki salinan file /var/lib/dpkg/status dari komputer yang kita tuju.
#Syarat 2 : Repository & Arsitektur

Syarat berikutnya, distro komputer alldeb_maker dan komputer alldeb_user harus berasal dari repository yang sama, dan arsitektur yang sama.
Misalnya;

- Jika komputer saya Ubuntu 12.10 32-bit sedangkan teman saya Ubuntu 12.10 64-bit --> tidak bisa
Alasan : Perbedaan arsitektur

- Jika komputer saya Ubuntu 12.04 sedangkan teman saya Ubuntu 12.10 --> jangan
Alasan : Ubuntu 12.04 menggunakan repository Ubuntu Precise sedangkan Ubuntu 12.10 menggunakan repository Ubuntu Quantal

- Jika komputer saya Xubuntu 12.04.1 sedangkan teman saya Lubuntu 12.04.2 --> bisa
Alasan : Sama-sama menggunakan repository Ubuntu Precise

- Jika komputer saya Kubuntu 12.04.1 sedangkan teman saya LinuxMint 13 (Ubuntu-based) --> bisa, tapi mungkin tidak semua aplikasi
Alasan : LinuxMint 13 bisa menggunakan paket-paket dari repository Ubuntu Precise, tapi ada bagian yang tidak berasal dari repository Ubuntu Precise

- dan seterusnya.
 

Cara Instalasi  alldeb_maker

1. Buatlah sebuah directory kosong. Terserah letaknya di mana. Kita akan menggunakannya sebagai profil_dir.
2. Download file alldeb_maker_R1.zip di bawah, lalu ekstrak. Kita akan mendapatkan file bernama alldeb_maker_R1.sh
3. Buka file alldeb_maker_R1.sh dengan teks editor. Silahkan edit baris ke-8, ubah menjadi path ke profil_dir yang kita buat di langkah pertama. Silahkan edit juga konfigurasi lain jika perlu. Lalu Save.
4. Buka terminal, pindah directory (cd) ke tempat kita meletakkan file alldeb_maker_R1.sh
5. Ketikkan :
sudo mv alldeb_maker_R1.sh /usr/local/bin/alldeb_maker
6. Beri permission eksekusi, dengan cara ketikkan :
sudo chmod +x /usr/local/bin/alldeb_maker

contoh :




Selesai. Sekarang jika kita ingin membuat alldeb, kita tinggal memasukkan profil APT komputer tujuan (salinan file /var/lib/dpkg/status) ke profil_dir, lalu memanggil alldeb_maker dengan mengetikkan perintah alldeb_maker dari mana pun di terminal.


Cara Instalasi alldeb_user

1. Download file alldeb_user_R1.zip di bawah, lalu ekstrak. Kita akan mendapatkan file bernama alldeb_user_R1.sh
2. Buka terminal, pindah directory (cd) ke tempat kita meletakkan file alldeb_user_R1.sh
3. Ketikkan :
sudo mv alldeb_user_R1.sh /usr/local/bin/alldeb_user
4. Beri permission eksekusi, dengan cara ketikkan :
sudo chmod +x /usr/local/bin/alldeb_user

contoh :




Selesai. Sekarang kita dapat memanggil alldeb_user dengan mengetikkan perintah alldeb_user dari mana pun di terminal.

Sekarang silahkan di download :D

alldeb maker R1 | alldeb user R1

Semoga bermanfaat untuk kita semua :)

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Saya sering melihat nama ghosthand tetapi saya belum melihat blognya. Ini kesempatan pertama saya, Kang. Saya ke sini dan langsung buka posting ini dari panel samping.

    Posting macam ini sangat perlu diperbanyak bahkan mungkin bagusnya dibuatkan blog tersendiri (ubuntu-offline misalnya), karena pengguna komputer Indonesia mayoritasnya offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga sering melihat nama ade malasa akbar juga dan saya banyak belajar dari blog agan, makasih sudah mampir ke blog jarang update ini, maklum lagi ada kesibukkan, ntar kalau keadaan udah stabil saya update lagi beserta tutorialnya

      Tujuan saya memang membagikan tips trik buat pengguna linux secara offline karena saya sendiri juga offline jarang ada inetnya hehe, nanti akan saya benahi lagi biar gak acak kayak sekarang

      Delete

Silahkan berkomentar bebas asal sopan :D

Menu

Popular Posts

Copyright © Ghosthands -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan