Posted by : Ghosthands Tuesday, March 19, 2013

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk berbagai keperluan, didesain secara khusus agar mudah dibaca, dipahami, dan digunakan. Python merupakan bahasa scripting yang simpel tapi powerfull dengan sintak yang sangat elegan dan cantik tidak kalah cantiknya dengan Ruby.
Selain itu yang menjadi bahasa pemrograman ini keren adalah sifatnya yg extensible, dan banyak sekali module dan librarynya yg bisa digunakan sesuai kebutuhan kita.

 Cara penulisan syntax (Coding convention) Apabila Anda adalah seorang programmer yg sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman C, C++, Java dkk. mungkin akan sedikit surprise, karena aturan penulisan sintak pada Python sangat berbeda, kebanyakan bahasa pemrograman menggunakan delimiter blok, sebagai contoh pada bahasa pemrograman C, C++, dan Java delimiter blok menggunakan tanda kurung kurawal ‘{}’, contoh: int main(int argc, char** argv) { return 0; } Begitu juga pada bahasa pemrograman prosedural, seperti Delphi, menggunakan blok BEGIN dan END. Sedangkan Python menggunakan indentation blok yg biasanya menggunakan tab sebagai delimiternya, contoh: Code: def main(): return 0 tidak boleh ditulis: Code: def main(): return 0 karena python banyak versinya, disini ada perbedaan coding.

contoh

oh iya, ada 2 versi python yitu versi 2.x dan 3.x ,
kedua versi ini memiliki perbedaan,
misalnya fungsi print Code:
print “hello world” # python 2.x
print(”hello world”) # python 3.x menggunakan tanda kurung






sumber

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. copas dari http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2010/02/24/perbedaan-coding-singkat-pada-python-versi-2x-dan-3x/ ya gan?
    kreatif dikit lah

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar bebas asal sopan :D

Menu

Popular Posts

Copyright © Ghosthands -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan