Posted by : Ghosthands Monday, March 18, 2013

Sebelum kita mempelajari bahasa pemrograman python mari kita berkenalan dulu apa itu python dan bagaimana sejarahnya :D
 
Apa itu python ???

Python adalah sebuah bahasa pemrogramman yang mudah di pelajari dan ampuh. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang efisien dan pendekatan terhadap pemrogramman beroientasi object(OOP) yang sederhana namun efektif. sintak python yang elegan dan typing dinamika,bersama-sama dengan sifatnya yang terinterpreter ,menjadikan python bahasa yang ideal untuk pemrogramman scripting dan rapid application development dalam berbagai bidang dan hampir semua platfrom.


Python adalah salah satu bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang bersifat intrepreter,interaktif,object oriented dan dapat beroprasi di hampir semua platfrom ,seperti keluarga UNIX,Mac,Windows ,OS/2,ataupun yang lain.sebagai bahasa tinggat tinggi python termasuk salah satu bahasa pemrogramman yang mudah di pelajari karena syntaks yang jelas dan elegan, di kombinasikan dengan penggunaan module-module siap pakai dan struktur data tingkat tinggi yang efisien.

Asal Python ???

Nama Python berasal dari salah satu acara komedi tahun 70-an yang disiarkan oleh BBC. Menurut pembuat bahasa Python, Guido van Rossum (http://www.python.org/~guido/), nama Python dipakai untuk memberikan suatu nama yang unik, pendek, dan sedikit misterius. Oleh karena itu Python sama sekali tidak berhubungan dengan salah satu reptil buas.

Python lahir pada tahun 1991 di ciptakan oleh Guido Van Rossum. sejak di luncurkan sebagai public domain pada tahun 1992 ,bahasa pemrogramman ini berkembang dengan dukungan komunitas pengguna dan pengembang seperti Python Softwar Activity,Internet newsgroup,comp.lang.python dan organisasi informal lainnya.

Python merupakan bahasa pemrogramman yang freeware tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya.Paket python terdiri atas source code,debugger dan profiler,fungsi sistem,GUI(antar muka pengguna grafis) dan basis datanya.

Kegunaan Python

Python dapat digunaka untuk pemrogramman yang memerlukan dinamisme tinggi. Waktu pengembangan yang cepat, Aplikasi skala besar yang yang memerlukan orientasi object dan juga fleksibelitas yang tinggi . python bisa di gunakan untuk membuat banyak aplikasi ,mulai dari aplikasi perkantoran,aplikasi web,simulasi yang memerlukan tingkat tinggi ,Administrasi sistem operasi.

Kelebihan python adalah mudah di gunakan dan merupakan bahasa pemrogramman yang menawarkan jauh lebih banyak struktur dan dukungan pada program besar di bandingkan yang di milik oleh shell.di sisi lain,python juga menawarkan lebih banyak pengecekan kesalahan di bandingkan C dan merupakan bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang built-in seperti di list dan dictionary yang fleksibel.yang memerlukan waktu berhari-hari untuk di implementasikan secara efisien dalam C.di karenakan type datanya yang lebih umum.,python dapat di aplikasikan ke ruang lingkup permasalahan yang jauh lebih luas di bandingkan awk dan bahkan perl.

Python memungkinkan kita untuk membagi-bagi program menjadi modul-modul yang dapat di gunakan kembali dalam program python lainnya.python mempunyai koleksi besar modul-modul standar yang dapat anda gunakan sebagai dasar bagi program atau sebagai contoh untuk awal mempeljari cara memprogram dengan python. terdapat juga modul build-in yang menyediakan Fasilitas,seperti I/O file,system call,socket,dan bahkan antarmka untuk GUI toolkit seperti tkinter.

Python adalah bahasa di interpretasi ,sehingga dapat menghemat cukup banyak waktu dalam proses pengembangan program karena tidak adanya tahap kompilasi dan linking .python juga memungkinkan kita untuk menulis program yang sangat ringkas dan terbaca. program yang di tuliskan dengan pytohn biasanya lebih singkat di banding perdananya dalam C/C++ karena beberapa alasan berikut:


  • Tipe data tingkat tinggi memungkinkan kita untuk mengekspresikan operasi yang kompleks dengan hanya satu statement..
  • Pengelompokan statement di lakukukan dengan indentitas dan bukan dengan kurung-kurawal buka/tutup.
  • Tidak di perlukan adanya pendeklarasian variabel ataupun argumen
1.kelebihan : tidak ada tahap kompilasi dan penyambungan(link) keuntungan : kecepatan perubahan pada masa pembuatan sistem aplikasi
2.kelebihan : tidak ada deklarasi tipe data keuntungan : program menjadi lebih sederhana ,singkat dan lebih fleksibel.
3.kelebihan : management memori otomatis keuntungan : kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan code.
4.kelebihan : tipe data dan operasi tinggkat tinggi. keuntungan : kecepatan pembuatan sistem aplikasi mengunakan tipe obyek yang telah ada.
5.kelebihan : pemrogramman berorientasi object. keuntungan : pengstrukturan kode dan pengunaaan kembali integrasi c++
6.kelebihan : pelekatan dan perluasan dalam C keuntungan : integrasi C,sistem bahasa campuran
7.kelebihan : kelas modul , eksepsi keuntungan : dukungan pemrogramman skala besar secara modular.
8.kelebihan : pemuatan dinamis modul C. keuntungan : ekstensi yang sederhana serta berkas biner yang lebih kecil
9.kelebihan : pemuatan kembali secara dinamis modul python keuntungan : memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya
10.kelebihan :model object universal kelas 1 keuntungan : Fewer restriction dan spesial case rules
11.kelebihan : interaksi , dinamis alamiah keuntungna : incrimentas development and testing
12.kelebihan : akses hingga informasi intrepreter keuntungan : metaprogramming , introspetive object.
13.kelebihan : prtabilitas secara luas keuntungan : pemrogramman antar platform tanpa ports
14.kelebihan :kompilasi untuk portable kode byte keuntungna : kecepatan eksekusi , melindungi kode sumber
15.kelebihan : antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar keuntungan : perangkat bantu ,GUI,persistence , database,dan lain sebagainya
 =========================================================================
Secara jujur , python merupakan gabungan dari berbagai kelebihan yang di bawah dari bahasa pemrogramman lainnya,termausk element dari C,C++,Module-3,ABC,Icon Dan lainnya.

Resource Python ???

Python memilik sebuah website resmi ,yaitu http://www.python.org yang berisis segala sesuatu yang berhubungan dengannya,dan seharusnya menjadi tempat persinggahan pertama bagi para pythonia.

Untuk memeproleh source code dari interpreter python silah mengambilnya dari http://www.python.org sedangkan source code terbaru ya g berada dalam versi pengembangnya bisa di ambil dari http://python.sourceforge.net melalui anonymouse CVS.

Untuk memperoleh dokumentasi - dokumentasi python ,silahkan mengunjungi http://www.python.org/doc/ dokumentasi tersedia untuk di baca dan di download dalam berbagai format.

Berita terbaru , buku - buku python , mailing list , mirror download site , FAQ lengkap , ataupun masalah seputar lisensi , juga bisa anda peroleh dari website resmi python tersebut .silahkan membaca lampiran tentang python di internet untuk lebih lengkapnya.

sumber tang tak copas

{ 10 comments... read them below or Comment }

  1. Replies
    1. eh kompor gas ? kan ini ular bukan kompor ("._.)a

      Delete
  2. Ehhhhmmmm.... keren nih python :D
    Tilimikicih

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya
    contoh aplikasi yang di hasilin ama pemrograman phyton apa aja?
    ane nyari gak nemu"
    thanks

    ReplyDelete
  4. Gan ane mau belajar dasar pemrograman Python gan. Ayo belajar bareng gan

    ReplyDelete
  5. Python lebih enak untuk ngolah data dalam jumlah besar. Coba belajar python pakai anaconda atau mini conda. Semua library udah ada tinggal pake aja.

    ReplyDelete
  6. Install python terbaru
    Daftarkan di PATH system variable
    Cek versi python di cmd "python --version"
    Install anaconda terbaru
    Selesai tinggal explorasi

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar bebas asal sopan :D

Menu

Popular Posts

Copyright © Ghosthands -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan